Sunday, December 15, 2013

CCIE Bootcamp Indonesia 2013


Alhamdulillah segala puji hanyalah milik Allah semata, atas ijinnya akhirnya genap sudah 9 hari kami yang tiap hari ditemani sayup-sayup deburan ombak, serta semilirnya angin laut dapat belajar bersama untuk persiapan CCIE. Kami semua berempat puluh tujuh sangat bersemangat sekali untuk saling berbagi dan belajar ilmu yang kami miliki. diluar yang dari jakarta ada yang dari bandung, lampung, palembang, singapore, melbourne dll. Kelas CCIE kami bagi menjadi dua, yakni untuk kelas CCIE Service Provider dengan belasan orang dan sisanya yang paling banyak ada di kelas CCIE Routing Switching. Sungguh luar biasa sekali semangat belajar mereka semua, ditambah keadaan sekeliling juga membuat segenap kelelahan kami dalam belajar bisa sirna seketika saat melihat gunung krakatau diseberang pulau yang setia berdiri tegak untuk setiap saat dapat kami memandangnya, saat menyusuri bibir pantai dalam butiran-butiran pasir dan buih-buih yang menyela diantara jari jemari kaki kami. Indah sekali pengalaman belajar kami kali ini.

Dalam kegelapan malamnya ketika kami memandang ke arah lautan, untuk seorang nelayan ataupun pelaut yang akan berangkat melaut untuk mencari ikan, yang tergambar jelas dihadapannya adalah segenap rintangan dan halangan yang menghadang. Pekatnya kegelapan malam, kencangnya angin laut yang dapat membuat badan menggigil kedinginan. Namun yang menarik pertanyaannya adalah adakah nelayan yang kemudian mengeluh tentang hal itu, “wah lautnya kalau malam gelap nih….” Maka jawabnya jelas lucu jadinya kalau ada yg mengeluh demikian karena yang namanya malam dilautan jelaslah gelap. 

Nah namun menariknya ada temen2 yang memiliki impian dan keinginan untuk ccie dimana untuk menuju kesana jelas yang terhampar dihadapannya adalah kendala2 dan rintangan, salah satunya kendala waktu belajar, yang kita musti pinter2 mengalokasikan waktu disela sela kesibukan yang dimiliki. lucunya adalah ketika ada yang mau ambil ccie tapi kemudian beralasan tidak sempet belajar karena tidak ada waktu, sibuk kerjaan dst nya…. Aneh tentunya dan lucu pastinya.. kalau nelayan berlayar malam hari tidak ada yang mengeluh gelap, maka kalau ini, ada yang mau ccie tapi mengeluh tidak punya waktu belajar.


Nah dalam bootcamp ccie ini peserta tidak hanya belajar materi-materi ccie saja, namun dibuat agar peserta merasakan sendiri bagaimana waktu belajar seseorang yang mau ccie setiap harinya. Dikondisikan untuk tangguh dalam belajar, tangguh melewati dan merasakan waktu belajarnya. Hal ini tidak bisa hanya diceritakan saja tapi harus dialami, harus dirasakan sendiri baru bisa mengetahui ritme belajarnya. Kita belajar mulai dari jam 9 pagi hingga larut malam jam 12 dini hari, demikian terus setiap hari selama 9 hari tersebut. Diawal tentu tidak terbayangkan, bahkan mungkin dalam benaknya apa gak capek, gak ngantuk dstnya… namun inilah bedanya kalau sekedar diceritakan dan dijalani langsung, mereka2  yang menjalani semangat sekali, hal baru bagi mereka, ternyata seru bahkan jangankan jam 12 malah tembus sampai setengah 2 pagi saking penasarannya dengan lab-lab yang kita berikan. Di akhir bootcamp, temen2 semua selain membawa pulang ilmu, mereka juga membawa pulang experience belajar yang luar biasa yang mungkin belum pernah dirasakan selama hidupnya, ini penting untuk memunculkan kepercayaan diri bahwa oh ternyata saya bisa belajar belasan jam tiap hari, saya sudah pernah melakukan hal itu dan kedepan akan bisa terus mengulanginya kembali.


Pada beberapa hari terakhir, delapan ccie idn yang udah lulus ccie secara bergantian sharing berbagi pengalamannya sewaktu mengambil ujian ccie. Pengalaman2 unik mereka yang untuk saya bahkan baru tau disini juga banyak diceritakan, dari yang lucu-lucu, suka duka macem-macem lah, pertanyaan dari temen2 butkem juga bertubi-tubi silih berganti satu sama lain mewakili besarnya rasa keingintahuan mereka tentang bagaimana menjalani proses menuju ccie, apalagi yang diawal-awal sharing, ramai sekali begitu riuh suasananya, sangat memberi arti untuk kita semua.

Di idn kita adalah kekeluargaan, 9 hari disini, tiap hari tiap malam selalu bersama, menjadikan kita lebih dari sekedar berteman, kita menambah persaudaraan, menjadi sangat akrab dekat satu sama lain untuk kdepan kami akan berjuang bersama, menggenggam semangat yang sama untuk dapat menjadi ccie bersama amiin.

2 comments:

Faisal Fahmi said...

Alhamdulillah akhir nya kelar juga bootcamp nya, semoga segera muncul CCIE 2 baru setelah ini dan buat IDN terus lah berkarya dan maju .. Minjam istilah NOAH "Kalian Luar Biasa !!!"

2 Jempol dah ..

wawan said...

ngiri, nga bisa ikutan karena kebanyakan ijin :(
selamat dah