Thursday, December 26, 2013

training menanamkan ahlak melalui quran pada anak, Rumah Qurani Bandung



Kegiatan training 3 hari di rumah Qurani Bandung, yakni tentang cara agar anak dapat mencintai alquran dan menerapkan dalam kesehariannya.
Selama ini ada 2 metode umum dalam memperkenalkan alquran pada anak

  • Metode iqro, yakni anak diajarkan cara membaca alquran
  • Metode hafalan, yakni anak diajarkan cara menghafal surat-surat pendek
Nah rumah qurani 7 tahun yang lalu memikirkan metode memperkenalkan alquran yang lebih asyik dan menarik kepada anak, sehingga kemudian lahirlah beberapa metode berikut
  1. Metode isyarat
  2. Metode pemisalan
  3. Metode mewarnai
  4. Metode permainan
  5. Metode dongeng
  6. Metode komik/cerita bergambar
  7. Metode animasi
  8. Dll
Disini anak tidak ditarget untuk hafalan sekian juz tidak, arahnya bukan hafalan kesana. Dsini yang diajarkan kepada anak adalah walau ada hafalannya juga, tapi spefisik khusus hanya untuk ayat-ayat ahlak saja, dan dimulai dari yang pendek-pendek agar mudah diikuti. Jadi utamanya training ini untuk membangun dan menumbuhkan ahlak anak melalui alquran

Hasil jadinya misalnya ada anak yg pada ribut2, rebutan maka ada anak yang spontan bilang kata Allah “wa khuslu khoir” à “dan berdamai itu indah”, ini spontan lo, artinya qurannya dah masuk ke anak.

Contoh lain pas ada anak yang makannya rakus, nanti ada anak yang bilang eh kata Allah “Kullu Wasyrobuu wa laa tusrifuun” makanlah dan minumlah kamu dan jangan berlebihan… ini spontan juga, bahkan ada ketika kakaknya nyuapin ke adiknya, sang kakak jg bilang ini ke adiknya sambil ngajarin gitu hehe 

Contoh lagi namanya anak kecil suka saling mengejek, nah nanti ada anak yang mengingatkan, kata Allah "Wa laa yas khor" dan janganlah saling mengejek

dll

Metode Isyarat
masih ingat isyarat tangan untuk lagu topi saya bundar, kalau tidak ingat silahkan tonton video berikut

topi = memegang kepala
saya = menunjuk ke dada
bundar = tangan membentuk lingkaran

kalau yang pernah belajar isyarat topi saya bundar tersebut, mustinya ingat dan tanpa kita sadari selama puluhan tahun berlalu, isyarat tersebut masih kita ingat lo, padahal itu cuman lagu, nah bagaimana kalau alquran, akan lebih baik tentunya.

Ayat-ayat alquran yang diajarkan bahasa isyaratnya pada training ini dikhususkan hanya untuk ayat-ayat ahlak saja. Ada beberapa ayat yang diajarkan, untuk trainingnya ada 4 buku (4 tingkatan). 

Pada tahap pertama diajarkan 12 isyarat ayat quran selama 3 hari. Total ada 4 buku, puluhan ayat lah totalnya, cuman untuk seukuran mak-mak dan bapak-bapak yang sudah berumur, nghafalin 12 ayat dengan isyarat cukup bikin ngos-ngosan, suka ketuker-tuker. Normalnya ya 1 ayat perhari, cuman kan emang waktunya 3 hari jadi ya gpp dipelajari aja, salah2 gpp, nanti dirumah diulang-ulang sendiri.

Ayatnya macam-macam, tentang berbuat baik kepada orang tua, kebersihan pakaian, berteman, mengucap salam, etika bermain kerumah teman dll

Contohnya bisa dilihat di link berikut


itu mreka anak2, bisa hafal ayatnya, bisa isyarat tangannyanya dan yang penting tau artinya serta dapat diterapkan dalam kesehariannya. Dan mereka menjalaninya dengan senang gembira.

Isyarat tangan juga membantu kalau lupa pengucapannya, dengan melihat isyarat tangan jadi ingat lagi.

Ini yang isyarat untuk bukusatu

Metode Pemisalan
Metode Ini digunakan untuk hafalan juz amma (juz 30) mulai dari annas hingga annaba. Anak bisa baca berurutan, bisa baca dibalik, bisa baca dari tengah, bisa baca secara acak misal disebut ayat sekian.

Kita sendiri susah lo, missal alfatihah ayat ke-5 apa hayoo… atau mbaca annas dibalik mbacanya, padahal bisa dibilang itu surat favorit yang selalu dibaca.

Contoh hasil jadinya berikut surat annaba

sama ini

Metode Mewarnai
Missal mewarnai gambar seorang anak yang sedang mencium tangan orangtuanya. Nanti sambil disebutkan ayat alqurannya. Aktivitas mewarnai ini juga jadi kegiatan yang menyenangkan bagi anak, sepulangnya langsung dah tuh dminta praktek mencium tangan kedua orangtuanya. Gambar lainnya macem-macem, saya lagi pesen bukunya, kemarin dah abis.
nanti kl dah dapet bukunya saya update ksini

Metode Permainan
yang ini tidak kalah serunya, misal game kucing dan tikus nanti kl ketangkep suruh nyebutin ayat, atau misalnya game melipat baju yg dikaitkan dengan ayat kebersihan pakaian


Metode Dongeng
kalau ini musti punya keahlian merubah dan bersuara dalam banyak suara, misal ttg nabi nuh yg diejek umatnya, nanti anak2 suruh nyebutin ayatnya ttg larangan untuk saling mengejek. trus cerita ttg habil dan qobil anak nabi adam dll yang diarahkan ke perilaku dan ahlak. videonya lupa ngopi, gak punya filenya. yang jelas seru lah kl pas kak adhi cerita, saya pengin jadi anak kecil lagi dah... lucu, seru dan menanamkan banyak arti.

catatannya adalah adanya larangan untuk tidak berkata bohong agar membuat orang lain tertawa.

berikutnya komik tidak diajarkan di kelas hanya dilihatkan saja.. animasi dan lagu ada di vcd yang
mereka jual.

(terlepas hukum lagu dan membuat gambar ya, ini saya sifatnya sharing saja apa yang saya terima)

Metode Komik
yang ini kelupaan ngopi juga filenya hehe. cara mbikinnya pake papercraft gitu shingga terlihat 3 dimensi. isinya ya masih seputar ahklak juga. nanti saya mintain dulu...

Metode Animasi
ada 3 Volume, per VCD nya 25rb

Metode Lagu
lagu anak-anak 


Pematerinya dulunya para aktivis pembinaan anak masjid salman ITB, kbtulan mreka kuliahnya jurusan psikologi dari beberapa kampus di bandung, ada juga yg relawan psikolog daerah bencana seperti waktu tsunami aceh.

sebenernya yang paling inspiratif sebenarnya adalah bu endang yuli, pernah tampil di kick andy edisi cinta tanpa syarat 16 desember 2011 bersama suaminya pak badawi. beliau memiliki 18 anak yang tinggal dirumahnya serta 60 anak asuh dirumah yang terpisah. luar biasa haru sekali suasananya saat beliau mulai bercerita, cukup membuat mata ini berkaca-kaca. apa yang selama ini saya lakukan menjadi tidak artinya dibanding apa yang telah beliau lakukan... kemampuan menginspirasi dan memotivasi lewat tutur katanya cukup menggetarkan hati untuk ingin dapat mengikuti jejak beliau.. 
untuk semua anak-anaknya bu endang menerapkan metode rumah qurani, beliau sharing2 bagaimana ahlak dan perilaku anak2 kesehariannya yang menerapkan alquran, luar biasa...

saya dulu infonya dapetnya dari sini
http://rumahquraani.blogspot.com/2013/12/dua-acara-besar-di-bulan-desember-untuk.html

2 comments:

HaSaNa said...

Kami berdomisili d mlg, gmn mas apa sdh rumah qurani di sekitar mlg?

Chestha Ginanzar said...

Sangat dianjurkan dalamajaran isalm juga ,,, bagus sekali sangat brmanfaat buat kaum muslimin !!

cari perumahan baru di bekasi
cari perumahan baru di depok
daftar perumahan baru bekasi
Perumahan Baru