Friday, December 20, 2013

cerita masuk kuliah S2 UI

dalam setahun buka pendaftaran 2x
kalau ambil teknik, kuliahnya di UI Depok, kalau manajemen di UI Salemba
ada kelas weekend ada juga weekdays, saya ambil weekdays, secara pengangguran gak jelas

biaya pembangunan 16jt
biaya tiap semester 8jt
sebelum masuk kuliah semster pertama bayarnya 16+8jt, smester kedua dst nya 8jt

saya kuliah ambil jurusan teknik elektro, program studi jaringan informasi & multimedia

pertama masuk kuliah excited sekali, smangat 45, senyum2 sepanjang jalan dari rumah ke kampus....
melihat suasana kampus luar biasa, banyak mahasiswa leptopan dimana-mana, beda jauh jaman awal kuliah saya dulu-dulu sekali di awal tahun 2000. semua sekarang juga sudah web semua, keren lah pokoknya.....

dan mata kuliah hari pertama pun dimulai, matematika terapan.... deng deeeeeng.....
malah sebelum masuk dah ktmu anak yang ngulang gak lulus, sambil sepanjang jalan selalu mengulang pertanyaan, yang ngajar masih pak R gak ya, dosennya ganti gak ya, katanya mau pensiun dst nya....
dan selanjutnya sebuah petaka dimulai, rumuss-rumus mulai dituliskan, meski tiap kelas ada proyektor, tapi pak dosen lebih milih pake OHP dengan senjata andalan kertas mika bening berisikan integral, differensial, laplace, fourier dkk....

oh tidaaaak..... kecerian di pagi hariku terhapuslah sudah...... berakhir begitu saja disebuah kursi disuatu sudut kelas...

dan berdasar tugas uts uas, maka aku pun mengulang di semester berikutnya......

mata kuliah lainnya adalah object oriented software (hari kamis jam 15.30 - 17.30)
kemudian advanced information network (hari jumat jam 09.00 - 11.00)
terakhir tentang prosesor gitulah, lupa hehehe (hari jumat 13.30-15.30)

jadi kuliah cuman hari senen, kamis dan jumat
satu semster cuman 4 mata kuliah saja, masing2 3 sks

secara umum kl yg normal2 aja utk 3 mata kuliah selain matematika mustinya dapet nilai A nya mudah, ini yg normal ya, bukan yg rajin sekali.... normal tu artinya ya di kelas mendengarkan, mencatat trus belajarnya kalau mau ujian sistem kebut semalam....

nah berhubung saya masuk kategori tidak normal, alias males luar biasa, dikelas jg ga nyatet, suka bosen sendiri, cuman mainan hape, trus pas ujian belajarnya kalau ujian ntar siang jam 1, baru blajarnya jam 8 paginya hehe.... jadi ya nilainya pas-pasan aja, malah ngulang hehe

enaknya kuliah di UI
1. dosen ngajarnya bahasa inggris terus
2. kita kl dsuruh presentasi jg bahasa inggris terus
3. dosennya enak, bijaksana sekali, baiiik banget, kcuali yg mr r ya
4. kalau pelajarannya ya asal masuk aja, namanya jg kuliah, sebuah tempat dmana kita belajar hal2 yg memang kita sendiri tidak tau manfaatnya apa, yang pnting ikutin aja kalau mau selamat.
5. namun cerita2 pengalaman hidupnya pak dosen yang menarik, sangat terkesan, mencerahkan sekali membuat semester ini begitu memiliki arti
6. kuliah cuman sendalan jepit, kaosan trus dimeja gak ada buku malah cuman hape yang kalau dosennya nulis, kita mainan hape. awal2 kuliah saya masih rapi lah, sepatuan, kemeja dll... begitu ngeliat tiap hari yang lain sendalan kaosan ya ikut sendalan tapi kemejaan aja masih blum pede kalau kaosan hehe...
7. kuliahnya gak krasa, september masuk, oktober uts, desember udah uas, gak sampai 4 bulan, sminggu cuman 3 hari, per semester cuman 4 mata kuliah....

dibanding jaman nerusin kuliah D3 ke S1 saya dulu pas di ITS dengan kuliah S2 ini bagai bumi dan langit sepertinya... yg kuliah lanjutan D3 ke S1 ganas, penuh tekanan, tugas banyak, susah2 mata kuliah, tapi banyak temennya....

sedangkan sekarang, pas tes masuk dulu yang diterima 20 orang eh yg kmudian daftar ulang cuman 3 orang dari 20 yg diterima tsb, jadilah kita kesepian cuman bertiga aja terus.... krasa banget dah ksepiannya...apalagi saya yang utk pelajaran kuliah itu hanya bisa hidup dari mengandalkan pertolongan teman-teman...alias males belajarnya sudah tingkat akut parah..

=================================================
Semester 1
ENEE800001 Matematika Terapan (3 sks)
ENEE800501 Rekayasa Perangkat Lunak Berorientasi Objek (3 sks)
ENEE800502 Arsitektur Komputer Lanjut (3 sks)
ENEE800503 Jaringan Informasi Lanjut (3 sks)

Semester 2
ENEE800002 Pemodelan dan Rekayasa Sistem (3 sks)
ENEE800504 Simulasi Jaringan Berbasis Komputer (3 sks)
ENEE800505 Komputasi Multimedia (3 sks)
ENEE800506 Sistem Embedded (3 sks)

Semester 3
ENEE800507 Keamanan dan Kehandalan pada Jaringan (3 sks)
Pilihan (3 sks)
ENEE800003 Seminar/Pra-Tesis (3 sks)

Semester 4
ENEE800004 Tesis (8 sks)

total sks 41
==================================================


13 comments:

Raden 2010 said...

Saya baru mulai Pak Dedi, baru mau masuk smt 3 di UBL

Harus pandai-pandai memanaj waktu antara 3K= keluarga, kerja, kuliah

Do'anya ya pak..

Anonymous said...

Hebat mas akhirnya sampai ke Jenjang S2...

semoga lanjut S3...


professor :-) di UI atau ITS hehehe

Saya baru lulus S1 hehehe (D3 Telekom Polines S1 elektro Undip/ eltel)

Muhammad Soleh said...

Leave nama : Muhammad Soleh

M Samsudin said...

Mr R itu sapa ya mas

Putri Kecantikan said...


PRODUK www.putrikecantikan.com BEST SELLER:



Obat Pembesar Penis Herbal



Obat Kuat Pria



Obat Perangsang Wanita



Obat Penghilang Tato



Obat Peninggi Badan Herbal



Obat Penggemuk Badan Herbal



Obat Pelangsing Badan Herbal



Kecantikan



Pemutih Wajah Dan Tubuh



Alat Bantu Sex Wanita



Alat Bantu Sex Pria



Aneka Kondom Pria

Niko M SUPRAPTO said...

Wahh mw masuk S2 jar. Multimedia dn info jg nih. 2016/17. Kapasitas cuma 10 orang. Kira2 persaingannya ketat gk nih?

sitiagel said...

Halo Mas, mau tanya... Untuk seleksi UI itu perlu ngelampirin surat rekomendasi ngga sih?

Anonymous said...

Mau tanya kak...klo magister ilkom itu kan kuliahnya reguler. Waktu kuliahnya itu berarti jam brp samp jam brp ych?
Terima kasih

Jannah said...

Mau tanya, program studi itu smaa gak kayak bidang khusus?
Jadi kalo ada lebih dr 1 bdang khusus harus pilih salah satu ya?

Anonymous said...

punya temen yang di manajemen telekomunikasi gak?
saya boleh minta kontak email anda ?

Claudia said...

permisi mau tanya, biaya yang harus dibayarkan tiap semester di MM UI itu BOP itu kah? tau bukan?

SESEORANG said...

Boleh tanya jadwal kuliah anak filsafat s2? Maaf ya siapa tau bisa dijawab :) tks

SESEORANG said...

Boleh tanya jadwal kuliah anak filsafat s2? Maaf ya siapa tau bisa dijawab :) tks