Monday, July 30, 2007

Liputan Weekend Ubuntu kemarin

Minute of Meeting Sabtu Malem
Waktu : 20.00 - 24.00
Tempat : Sekretariat Ubuntu-semarang
Yang Hadir : Pak Sabri, Dedi G, Traju, Ropix, Momon, Kholiq, Ahmad, Chasan
1. Overview Komunitas Ubuntu Indonesia
2. Isu Legalitas penggunaan nama Ubuntu
3. Arah dan tujuan pembentukan sub LoCo (Local Community)
4. Perlunya pembentukan kepengurusan
5. Overview Call Center
6. Persiapan materi acara besok Minggunya

Liputan acara Linux Party Unisbank
Peserta yang datang cukup beragam mulai dari temen2 SMK, mahasiswa sampai yang sudah bekerja. Acara dimulai jam 9 pagi dan selesai kira2 setengah 4 sore. Acara pagi sampai siang diisi oleh temen2 Internet Club Unisbank yakni mulai perkenalan ubuntu, instalasi, MP3 di ubuntu, booting Linux melalui Flash Disk, membuka password windows melalui Linux dll karena memang tema yang dibawakan adalah Linux itu mudah serta mengingat peserta yang datang sebagian besar masih cukup baru dalam mengenal Linux.

Selanjutnya ishoma, meskipun acaranya gratisan, tapi peserta masih dapet snack, modul, cd ubuntu dll cukup menarik bukan.

session selanjutnya adalah talk show dengan menghadirkan Pak Sabri selaku ubuntu-indonesia dan saya selaku ubuntu-semarang. diskusi dan pembahasan cukup beragam, baik tentang ubuntu itu sendiri ataupun terkait dengan komunitas yang ada. setiap penanya diberikan voucher ngenet gratis, juga voucher makan di Ta-How, cd ubuntu serta dvd repository. cukup banyaknya yang bertanya sudah cukup menunjukkan antusias temen2 semua akan ubuntu.

Dan kemudian session yang terakhir adalah jatah saya untuk mengisi, tema yang aku bawakan adalah "Ubuntu for Human Communication" yakni bahwa Pada dasarnya salah satu kebutuhan manusia adalah untuk saling berinteraksi dan berkomunikasi dengan lainya baik secara Lisan maupun tertulis.

Untuk itu 2 materi yang aku demokan adalah
1. membangun VoIP Server sendiri.
2. Membangun Local Chat server sendiri.

Tutorial aku buat dalam bentuk modul yang diprint dan kemudian dibagikan, serta modul pdf dan yang paling menarik adalah dalam bentuk Video Tutorial yang di akhir acara di copy rame2 sama temen2 peserta.

Satu hal yang menarik adalah ketika saya bertanya siapa diantara peserta yang pernah membangun VoIP sendiri? dan ternyata tidak ada seorang pun yang pernah, maka ketika demo, aku minta salah satu peserta cewek yang dari SMK untuk mencoba membangun VoIP sendiri.

Dan hasilnya dalam waktu kurang dari 15 menit VoIP server pun running well dan ketika dilakukan pengujian untuk menelpon pun juga berjalan dengan baik. jadi... diantara semua peserta dan panitia yang ada disitu, dia jadi yang pertama yang dah bisa membangun voip server sndiri, mengalahkan temen2 yang cowok, mahasiswa ataupun temen2 yang sudah kerja huehehehe sep dah. Linux itu mudah kan........

Modul Seminar download dsini
Video Tutorial ukuranya gede huehehe





4 comments:

::: Achmad ::: said...

mantafff...
ayoo... siapkan acara ubuntu-semarang berikutnya Ded...

Anonymous said...

mbak yg bawa cd debian manis deh, sapa ya namanya?
oh ya fotonya yg linux-party-4.jpg.
____

wedhouz said...

wah... matur tengkyu sudah diajari linux...
seneng banget rasanya bisa belajar sesuatu yang baru...
semoga acaranya dapat berkelanjutan dan tidak berhenti hanya sampai disini...

Anonymous said...

om videonya di upload jg dunk.. thx yak