Friday, March 09, 2007

Analisa VPN (tcpdump)

Analisanya dipilih yang simple aja ya biar mudah dipahami selain tentunya saya bisanya baru cuman segitu hihihihi....

Percobaan dilakukan dengan melakukan PING. kemudian paket ICMP yang digunakan saat proses PING tersebut kemudian dicapture, yakni pada router diinstal dan dijalankan program tcpdump untuk melakukan capture tersebut. Percobaan dilakukan degan melakukan ping ke interface ethernet, kemudian interface VPN-SSL dan pada interface VPN-IPSec.

Hasil Percobaan bisa download disini

Pada koneksi Mobile-VPN sebaiknya untuk menentukan koneksi mana, selain memilih berdasarkan faktor kecepatan, faktor kestabilan koneksi juga musti diperhatikan. Pada gambar dibawah, koneksi CDMA memang memiliki keunggulan dari segi kecepatan dibanding GPRS, akan tetapi koneksi CDMA seperti terlihat pada gambar gak stabil, kadang koneksinya kenceng tapi kada ilang... beh sama aja boong. Terlebih sekarang dah ada 3G, ya aku belum nyobain sih, gak punya henponya hihiihi.

CDMA Fren Mobile-8


GPRS Telkomsel

3 comments:

Anonymous said...

Wah, mas Dedi saya juga dulu pernah coba2 VPN. Cmn sya pake OpenVPN, tp saya bingung utk menganalisa apakah VPN saya telah jalan apa blom.. akhirnya artikel ini memberikan pencerahan untuk coba2 VPN lagi :D. Terima kasih mas Dedi. Terus berkarya..

Best Regards,

Your friend

Anonymous said...

mas dedi,, klo mw capture packet2 vpn selain pk tcpdump & ethereal, pake apa lagi ya??? saya berbasis windows nih.. thx ya

Unknown said...

Your blog is very good. The content of your blog are useful for visitor. Your blog design are admirable. How to make iiiiiiiiit. Just change HTML kan. Heee... I like a teacher aj ngasih nilai.