Friday, November 24, 2006

(TCNA) Testking Certified Network Associate

terkhusus untuk diriku sendiri mungkin yang lebih pas adalah TCNA kali.
dulu aku termasuk orang yang menganggap bahwa kalo ada orang yg CCNA itu ya bisa dikatakan lumayan hebat lah,
walaupun dulu ada jg yg bilang bahwa kalo orang punya CCNA itu blum bisa apa-apa, kalo CCNP baru bener hebat beneran, tapi masih skedar mengiyakan saja.
bayangannya CCNA memang sertifikat kelas rendahan mungkin (dilihat dari segi kacamata para senior kali)
tapi bagiku CCNA (paling tidak kmarin) masih merupakan momok, bayangkan rekan kerjaku di JKT aja smua yang ditrainingkan dan dibiayai prusahaan tesnya gagal smua, ya semuanya.
gila gak tuh... membuat CCNA semakin menyeramkan, kok bisa ya, padahal beberapa dari mereka tu pinter-pinter, setiap hari mainanya router, la aku disini sehari-hari monitoring trafik BSC, BTS Mobile-8 sm terkadang Flexi gak pegang router sama sekali.
Jadi aku memulai fokus untuk tes CCNA setelah aku gak pegang router lagi, smua kembali ke awal seperti dulu, yakni Boson Simulator.

TIPS untuk yang mo ujian CCNA adalah kalo mnurutku ya ini
A. 3 minggu awal blajarnya fokus ke testking, yang aku pake V.103
ini adalah langkah awal yang paling tidak menyenangkan, mbaca soal-soal yang jumlahnya sampe 1020 soal, 900-an halaman, bayangin tuh, muntah-muntah gak lo, musuh utamanya disini adalah kebosanan dan kejenuhan, itu pasti, biasanya aku print tiap 10 lembar dulu utk diplajari, sdikit-sdikit, sambil kerja sambil main bawa tu kertas. sampe akhirnya slesai smua halaman di pelajari. dan ingat Testking ini hanya untuk mengetahui penjelasan dari jawaban atas skian banyaknya pertanyaan-pertanyaan. slebihnya pass4sure yang bicara, eranya testking dah lewat

B. 1 minggu fokus untuk belajar Pass4Sure, seri yg aku pake 2.73
di ujianku 99% soal nya adalah berasal dari soal Pass4Sure
dari 56 soal, hanya ada 1 soal yang tidak terdapat di Pass4Sure
pokoknya asalkan 400-an soal Pass4Sure kamu dah merasa bisa jawab dengan bener, silahkan ambil exam 640-801, yakin deh nilainya diatas 900. pokoknya testking tu cuman sbatas utk blajar aja, kalo mo mndekati hari ujian, pastikan bener-bener fokus ke pass4sure

jadi kesimpulanya adalah aku mengerjakan CCNA Exam dengan sangat-sangat gampang memang
tapi proses untuk belajarnya cukup melelahkan dan membosankan
namun hasilnya positif, dari skitar 1400-an (1000testking+400 pass4sure) aku jawab salah cuman beberapa soal saja
so artinya skitar 1400-an soal aku sudah bisa hafal di luar kepala,
dan hasilnya ketika ujian gak mengalami kesulitan apapun, smuanya gampang-gampang saja
mungkin karena yang aku pelajari malah overload terlalu banyak kali hahahaha

CCNA is easy guys, eh gak ding tapi very very very easy sekali
cuman syaratnya ya itu, musti sudah benar2 mempersiapkan diri terlebih dahulu.

o'ya sbenere aku dah blajar banyak jg dari modul CNAP, aku dulu nyolong modulnya yang web based itu, CCNA 1-4. trus Sybex 5 Todd Lammle, trus ujian2 chapter CNAP, actual test, examshot dll. beh ternyata itu smua gak banyak berguna, it's totally useless, tapi bermanfaat untuk nambah pengetahuan, tp ya itu kurang pas kalo utk CCNA.
Berdasarkan tes ku kmarin, CCNA tu ya Pass4Sure. jadi kalo salah ambil strategi fokus kmana yang harus dipelajari takute pas ujian agak bingung, walau mungkin mudah juga untuk bisa lulus, tapi untuk bisa nyampe nilai 1000, entah lah hehehehe

so... aku lulus CCNA bukan karena jago router, karna dah lama jg gak pegang router hampir stengah tahun
aku lulus CCNA juga bukan karena pinter jaringan, LAN dan WAN, kalo linux ngerti sedikit lah
aku lulus CCNA tak lebih hanya karena bisa menghafal buanyak soal diluar kepala hahahaha
nek dipikir-pikir CCNA iku kok koyo pelajaran membaca dan berhitung saja.
makanya jadilah aku TCNA (Testking Certified Network Association)

smua material CCNA ada dsini, lengkap dari A-Z
http://www.sadikhov.com/forum/index.php?showtopic=54660

Hasil Print Screen (Capture) yg lagi Ujian CCNA klik berikut
http://www.4shared.com/dir/1245214/280ef7f8/640-801_-10_November.html

4 comments:

Fany said...

Pass4Sure? baru tau...
Dulu cuma belajar tesking.. hiks..
Thanks info nya :)

Anonymous said...

Selamet ya Ded...lagi seneng banget ki, sampe sing moco melu seneng. Memang bener ilmu itu musti terus dicari sampe akhir hayat. salam hangat dr bali

Biho said...

Hi Ded...

Anonymous said...

Pass4sure? takon mbah gugel iso yo? sek ah, tak takon mbah gugel sek

----gaptekmania-----