Friday, November 24, 2006

Finally Pass CCNA with 1000/1000

Waktu Tes : 09:00 - 11.00 (120 menit)
Tempat : IKIN Semarang prapatan bangkong
Jumlah Soal : 56 soal ( 3 simulasi [telnet, RIP, EIGRP], 4 Drag n drop dll)
Waktu ngerjain : kurang dari 40 menit
Skor/Nilai : 1000 ( perfecto)
nilai batas kelulusan : 850-1000
Bahan belajar : Testking v103(1020 soal, 968 halaman) dan Pass4Sure (431 soal)
Simulator : Boson Netsim for CCNA

++++++++++++++++++
PAS DAFTAR UJIAN
++++++++++++++++++
Pas mo daftar, mbake bilang "mas, ini ujian yang pertama ya"
aku jawab "iya mbak, kenapa emang"
mbake jawab " ya gak papa mas, cuman utk cisco soalnya agak susah dbanding microsoft, biasanya di ujian yang pertama tu pada gagal" hiks...... kesan pertamanya gini.... gak ngasih support sama sekali
Bayar Rp 1.525.000 trus nunjukin KTP utk discan sama ngisi form utk Prometric ID buat yg pertama kali ujian
haha baru kali ini KTP ku bisa dpake asiiiiik, hehehe maklum wis kadaluarsa tahun 2003
mo buka rekening ke Bank Mandiri ditolak, bikin kartu kredit ditolak, mo nyicil jg ditolak, ya iyalah .....
ancene CCNA iku keren, masih mau menghargai KTP bututku

+++++++++++++
PAS MO UJIAN
+++++++++++++
Pas mo ujian agak grogi, deg-degan, gak tenang jantung berdegup agak kencang, wis pokoke mbingungi lah tp sudah ikhlas misale gak lulus.
dsuruh duduk di ruang tamu, agak gelisah lg, sms-sms dulu ke temen2 minta dukungan doa
sblume minta dukungan doa lewat YM sambil masang status "detik-detik yang menentukan"
hehehe kayak mo perang ke lebanon ae
trus mbake dateng suruh mbaca smacam perjanjian utk kmudian ditanda tangani
isinya antara lain gak boleh bawa catatan sndiri, ntar disediain, gak boleh bawa kalkulator, gak boleh bawa notebook, gak boleh bawa HP, hiks... hape ku disita sm mbake huhuhuhhu, gak boleh curang dan sgala macam gak boleh gak boleh lainya, jadi keingat jaman kuliah nih kalo gini.
trus aku tanda tangan dan menyerahkan segalanya, termasuk hp ku, soale kmarin dah dipeseni jaket, hp, leptop, tas, kalkulator bakal disita hiks..
padahal aku kan pengin ujian pake iBook G4 ku yang dah tak pasangi program utk capture, ya udah lah gak papa, pagi ini smuanya untukmu mbak, halah...

++++++++++
PAS UJIAN
++++++++++
Ujian dimulai
gw duduk di kursi panas, suruh masukkan prometric ID nya, trus klik next.
dan muncul tampilan soal dan waktu pun sudah berjalan mundur, wuih....
sempat agak bingung jg, lo kok kluarnya beda sama yang aku pelajari hiks....
perasaan tipe soal kayak gini gak ada deh

trus aku isi kmudian klik tombol Next, lo kok beda lagi, waduuh, sempat agak panik
trus aku mencoba utk tenang sedikit dan kubaca-baca lagi perlahan-lahan
dan ternyata ini tu cuman utk survey aja, owalaaah, tiwas panik mode on
ya udah sterusnya tinggal jawab yes, next, yes, next hahaha
gak ngurus soalnya agak panjang, bahasa inggris sisan, ngerti maksude tapi males mocone
soalya tu misalnya seberapa paham kamu tentang ethernet
seberapa paham kamu tentang wan, dsb, wis pokoke nek rak diisi yes yo diisi sing artine kiro2 paham lah
sampe akhirnya tes survey selesai

aku klik lagi tombol start, dan ternyata yang muncul adalah tutorial model soal CCNA weleh
diliatin gambar animasi flash, kalo jawaban multiple choice tu ngisinya gini, kalo drag n drop tu ngisinya gini, kalo simulasi tu yang diklik utk ngeset router tu PC yg terhubung scr console, dgambarkan ada garis titik2 melengkung. agak kaget pas ada soale kayak uraian
waduh piye jawabe iki, boso inggris ae pas-pasan, pas kuliah entuk apik goro2 nyonto koncone
hmm nek ngene terus kapan ujiane ki

akhirnya stlah slesai dmulai deh ujiane
soal pertama kali hmmm it's easy guys
soal kedua gampang lagi
soal ketiga lo kok gampang lagi
keempat waduh gampang banget
sampe ktemu soal simulasi,
untung wis ngerti dari gambare,
owalah iki kan soal sing kudu enable interface fastethernet biar pc yg terhubung bisa di ping
tak klik gambar pc console ke router, trus telnet ke router sebelahnya, trus masuk interface fast ethernet, trus ketik no shut
udah deh pc dah bisa di ping, tugas slesai, jangan lupa perintah copy run start
lanjut soal berikute, wah untungnya gak simulasi, dan masih tetep gampang soalnya
setiap klik slalu berharap yang muncul bukan simulasi, pokoknya kalo gak salah sblum kluar soal simulasi muncul kotak warning kecil ditengah.
dan sampe suatu ketika muncul lagi, waduh simulasi lagi ini, alhamdulillah ternyata tidak, soalnya adalah drag n drop
dan yang penting ternyata masih gampang aja hehehe
suatu ketika muncul soal yang bener-bener asing waduh opo ki, berfikir sebentar dan jawab D kalo gak salah soale ttg Layer 7, pilihane A. Switch A, B Router, C switch B dan D PC B, so.... mosok ono switch/router yang bekerja nyampe layer 7, gak lah
hihihi kok gampang ya pertanyaane, alhamdulillah, berkat doa bapak ibu, teman2 smua dan tentunya kemudahan dari Allah semata.
sampe skitar soal ke 30-an, ktemu lagi soal simulasi, kali ini EIGRP.
setiap kali muncul soal simulasi slalu aku tulis alamat ip tiap interface routernya dikertas, soale ada 4 router kalo gak salah, di kertas yg tlah disediakan tak tulis smuane, termasuk network eigrp nya, dsini aku hanya memastikan AS eigrp nya sama, soale ada router northland kalo gak salah AS eigrp nya salah, kmudian cek juga network yg ditulis apa aja, ada network yg musti dihapus dan ada jg yang ditambahkan, untuk itulah aku mencatat dikertas supaya lebih mudah ngliat networknya berdasarkan ip interface yg dah aku tulis. stlah smua dah tak benerin, trus tak ping satu-satu, tp lama klamaan kok ngrasa wis lah wis bener iki, nek ping satu-satu klamaan waktunya, stlah yakin trus copy run start dan akhirnya next soal brikutnya.
alhamdulillah gak simulasi, dan alhamdulillah kok gampang lagi
pokoe gitu terus sampe ktemu simulasi RIP, suruh benerin networknya, ada yang dihapus dan ada yang ditambahkan, 3 router, chair, table dan sofa. yang router Sofa gak ada masalah dah bener, stelah chair dan table dah bener, ping dah ok, copy run start.
trus pas next lo kok tiba-tiba gak sadar sudah memasuki soal ke 51, wah tinggal dikit lg nih, dan ternyata sisa-sisa soalnya pun gampang-gampang hahahaha alhamdulillah
bersyukur kepada Allah (dgn nada lagune opick)
Nikmat nya yang manakah yang kau dustakan. (dengan nada lagune Agus Snada)

++++++++++++
SLESE UJIAN
++++++++++++
Pas trakhir klik end, dan viola yang muncul adalah nilai 1000
hmmm it's really cool guys, it's amazing, it's perfecto
tau gak apa yang gw lakukan saat itu
aku berteriak-teriak hahahaha
orang-orang pada ngeliatin smua, gak ngurus sing penting lulus
orang-orang ki nanyane jg aneh, mosok pertanyaane gini
kok cepet mas ngerjakannya, biasanya lama lo,
weleh mbok nanyanya tu gini, "hasilnya gmana mas, lulus gak, nilainya brapa"
yo wis akhire aku crita, dapet nilai sempurna mbak dapet 1000 hahaha
trus 1 bapak-bapak, 1 cowok dan 3 cewek yang disitu menyalami aku mengucapkan selamat
kok mreka gak minta tanda tangan skalian ya, halah.... hahahaha
sambil nunggu sertifikatnya dan hasil ujianya diupload ksana, gw nanya-nanya sama mbake
ya basa-basi lah biasa, sama jalan-jalan muter-muter diruangan itu mengungkapkan kegembiraan
fiuh finally gw lulus
dan tidak skedaar lulus, tp lulus dengan sempurna
alhamdulillah ya Allah
Segala puji hanyalah milik-Mu semata

What's Next..... CCNP lah jelas, targetku 2007 iku

13 comments:

ripai said...

mantap deh.. salut salut..mantap..mantap, kekeke ampe gak bisa berkata2, perfecto

::: Achmad ::: said...

manteb boss... !!!

Avante said...

Sebelumnya selamat yah mas...
aku juga wis duwe sih soal2 buat CCNA tapi masalahe bingung golek buku buat belajare ning ndi, makanya sampeyan tak japri sopo ngerti iso entuk gratis :P

Dedi Gunawan said...

buku ki ngge opo mas
ra sah sinau seko buku
aku duwe buku macem2 CCNA tp gak banyak manfaatnya ke ujian.

fokus aja ke Pass4Sure, dah itu tok cukup

KHOLIX said...

wuh...keren abisssss.....slamat pak....

Anonymous said...

waduh... manteb banget ya.... doain saya ya ...

Anonymous said...

Bilal :) Ya...Allah berikan saya kemudahan seperti yang engkau berikan kepada Dedi gunawan waktu ujian

Anonymous said...

Selamat ya gw juga ikutan ah langkah2nya Mas Dedi, doain ya smoga aku juga berhasil CCNA test

Biho said...

keren euy.

Anonymous said...

Thanx banyak infonya dan cerita serunya (terutama pas ngadepi mbake)....

Jadi tambah pede cepet2 exam neh

Cinderella is dead said...

mas emang soal CCNA ada brapa modul?!
aQ tuh besok oktober mau ujian CCNA tapi masih ga mudeng je,
aQ langsung diajari CCNA 2, padahal besok CCNA 1..

bisa ngasih referensi ga mas dedi?!
kalau ga ngrepotin kirim ke e-mailQ yah
ipung_blackpirates@yahoo.co.id
-ipung-

Cinderella is dead said...

mas emang soal CCNA ada brapa modul?!
aQ tuh besok oktober mau ujian CCNA tapi masih ga mudeng je,
aQ langsung diajari CCNA 2, padahal besok CCNA 1..

bisa ngasih referensi ga mas dedi?!
kalau ga ngrepotin kirim ke e-mailQ yah
ipung_blackpirates@yahoo.co.id
-ipung-

fajar said...

uedan tenan... manteb sisan... walah mas njaluk rumuse to...