Friday, August 15, 2014

Bahwa Kita Memang Harus Gagal



Ketika kita kecil dulu belum bisa naik sepeda, kemudian memutuskan belajar naik sepeda, apakah kemudian langsung sukses atau gagal, jatuh dulu dari sepeda?

Ketika kita kecil dulu belum bisa menulis, kemudian memutuskan belajar menulis, apakah kemudian langsung bisa sukses membuat tulisan yang bagus atau gagal, berakhir coret2an ceker ayam?

Ketika kita kecil dulu belum bisa baca quran, kemudian memutuskan belajar iqro, apakah kemudian langsung bisa sukses membaca quran dengan baik, atau gagal, bacanya salah2

Ketika seseorang memutuskan belajar pemrograman, apakah langsung sukses membuat program aplikasi atau gagal dengan, banyak error disana sini.

Ketika seseorang memutuskan belajar elektronika, apakah langsung sukses membuat rangkaian elektronik, membuat robot dll atau gagal, rangkaiannya kebakar, solderannya jelek dll

Ketika seseorang memutuskan belajar adzan, apakah langsung bagus atau gagal suaranya fals ataupun malah lupa lafadznya.



Maka bagaimana ketika seseorang memutuskan berbisnis? Langsung sukses besar ataukah kegagalan yang akan ditemui, maka jawabannya adalah JELAS…

Kerelaan berteman dengan kegagalan inilah yang tidak mudah, tidak semua orang menginginkannya, apalagi mereka2 yang saat kuliah/sekolah selalu dapet nilai bagus, mentalnya jelas tidak pernah terlatih untuk hal yang demikian, makanya wajar banyak ditemui yang ipk nya pas2an malah banyak yg berhasil membangun usaha, walaupun yg ipknya bagus juga banyak yg berhasil. Mereka yang pas2an sudah sering belajar menerima kegagalan, sudah terlatih dapet nilai jelek, sudah terlatih dianggap kurang berprestasi, malah ada juga yang dianggap sebagai anak yang bermasalah dsb nya.

Terlatih dengan kegagalan-kegagalan itulah yang kemudian membuat seseorang bisa berhasil dengan bisnisnya, sebagaimana halnya jatuh bangunnya belajar bersepeda, karena dia mau untuk jatuhlah yang kemudian menyebabkan dia bisa naik sepeda. Mau untuk menggambar yang jelek lah yang kemudian bisa membuat seseorang bisa menggambar yang bagus. Mau untuk salah2 dalam menulis lah yang kemudian membuat seseorang bisa memiliki tulisan yang bagus. Mau untuk masak yang gosong, keasinan yang rasanya gak enaklah yang kemudian membuat seseorang bisa memasak dengan sangat enak.



Semakin kita terlatih dengan kegagalan, membuat kita belajar dan akhirnya bisa berhasil..

Kembali untuk yang akan memulai usaha, mau untuk gagal? Hmmm ....

1 comment:

Widi S Hamidin said...

saya mau tapi belum siap... bagaimana caranya agar kita bisa segera siap....