Saturday, February 24, 2007

Tips Ujian CCNA

Sebenarnya yang lebih pas mungkin Tips belajar CCNA bukan Tips Ujian CCNA hihihihihi
Karena sebelum ujian tentunya musti belajar dong ya...
Ada 2 metode belajar untuk mempersiapkan diru sebelum maju ujian CCNA
1. Belajar yang bener
2. Belajar cara males dan instan

1. Belajar yang bener
Untuk belajar yang bener, maka musti tau dulu sbenarnya apa yg musti dipelajari dari CCNA. kalo mnurutku setidaknya ada 2 hal yg musti dketaui
1. Belajar Konsep
2. Belajar Konfigurasi
Yang lebih penting sbenarnya adalah yg bagian konsep, soalnya kl suatu saat diajak ngobrol technical sama orang nyambung lah gampanganya, kl masalah konfigure kan tinggal liat dan mbaca aja. dan kl ntar sering configure, lama2 jg hafal sendiri kok soale sering berlatih.
Lagian kalo cuman pinter configure aja, ntar jadinya malah cisco minded atau stdaknya tanpa dsadari cuman jadi alat marketingnya cisco scr technical karna terlalu mendewa-dewakan cisco.

Untuk Belajar Konsep ada beberapa bacaan berikut
1. e-Book Sybex CCNA Todd Lammle, dulu aku baca ini sehari kelar kok
2. Modul CNAP, CCNA 1-4
Setidaknya itu yang aku pelajari dulu, sblum kenal yg macem2 spt testking ataupun pas4sure dll. masih banyak materi belajar lainya, pilih-pilih aja mana yg dirasa sesuai dan enak utk dipelajari.

Untuk belajar Konfigurasi, aku dulu belajar Materinya ICND dan belajar contoh labnya yg ada di Boson Simulator. Gak usah terlalu memaksakan diri utk make router/switch beneran, pake simulator lebih fleksibel mnurutku. kalo dah belajar konfigurasi habiskan tuh berjam-jam berhari-hari utk blajar konfigurasi hihihii.

Ya mungkin cara belajar diatas cukup memakan waktu lama, butuh setidaknya sebulan atau mungkin lebih kali untuk mempelajarinya. Tapi gak usah khawatir, ilmunya akan lebih mateng dbanding kalo blum apa-apa dah pake testking/pass4sure.
Smua materinya bisa didownload dsini
http://www.sadikhov.com/forum/index.php?showtopic=54660


2. Belajar cara males dan instan
Cara ini tidak spenuhnya salah, gw gak pengin men judge seseorang karenanya, karena kebutuhan seseorang dan waktu yg dimiliki utk belajar tidaklah sama. Ada orang yg sbenarnya gak terlalu suka network, dpaksa kantor utk ambil ujian soalnya misalnya sbg persyaratan utk jd pgawe tetap misalnya, udah deh mbaca material2 utk blajar djamin akan mundur sblum perang, soale bahan2 blajar cisco kok mesti jumlah lembaran halamanya iku banyak. Dan berbagai macam alasan lainlah yg mungkin bisa jadi juga salah, bukan bermaksud sbg pembenaran, akan tetapi memang ada kondisi tertentu yg menyebabkan harus menggunakan cara belajar spt ini dan tentunya resikonya dtanggung sndiri-sndiri.

Adapun cara belajarnya adalah menggunakan Pass4sure sbg acuan utamanya dan Testking sbg tambahan penjelasanya. cara ini hanya butuh waktu skitar 3 hari. Suatu saat ketemu temen lama yg pemahaman CCNA nya masih blum sberapa, artinya dari cara dia bertanya terlihat masih minim pemahamanya, sdangkan ujian tinggal beberapa hari. Dia sih bilangnya tertekan aja dah stress dan minder. Udah deh gw saranin pake pass4sure, ee pas ujian lulus skornya diatas 900-an. So... CCNA itu gampang, bahkan buat seseorang yg gak bgt ngerti jaringan skalipun. gampanganya tinggal pake cara hafalan beberapa hari dah cukup utk bikin kamu jadi CCNA.

Aku seringkali bahkan berkali-kali bilang ke temen2 bahwa CCNA itu gampang, cuman pasti dan selalu temen2 merasa kurang percaya hal tsb, barulah stelah selesai ujian mreka bilang bhw ternyata CCNA itu gampang, weleh la kan udah tak bilangin dari dulu dulu kalo CCNA itu gampang.

so... buat tmen2 yg lg belajar CCNA, bersabar aja dalam belajar, gak usah terlalu terburu-buru deh, blajar aja dulu dgn cara yg bener, toh gak susah kalo utk skedar dapetin CCNA. Yang susah adalah utk paham ttg konsep dan konfigurasi yg benar, karena hal tersebut butuh waktu. Akan tetapi yang jelas bisa dibedakanlah mana yg blajar beneran dan yg instan. Aku mulai kenal dan belajar Router sejak 2003, tp mulai ngeh untuk ngambil CCNA pertengahan th 2006, baru lulus CCNA akhir 2006. Jadi cukup lama jg ya waktu belajar Routernya hihihihi.

cuman yang blajar instan jg gpp, skill dan experience itu mah terkait dengan jam terbang, nanti suatu saat kalo misalnya kerjaan lo shari-hari handle router sama switch, beberapa bulan paling dah jago deh. jadi sertifikasi gak usah terlalu dikait-kaitkan dengan skill. yang pasti skill, knowledge dan experience itu terkait dengan jam terbang.

Mnurutku cara manapun yang dipilih semuanya baik, karena setiap orang memiliki pilihan, kebutuhan dan waktu belajar yang berbeda-beda.

Met belajar aja semuanya.
CCNA is easy, silahkan buktikan sendiri.

6 comments:

Anonymous said...

mas ujian sertifikasi CCNA ada ujian prakteknya ndak?

Anonymous said...

minta dong soalnya ? ama minta modul CCNA dalam bhs indonesianya dong !

stan_lee said...

maksih atas sarannya, tapi aku ujiannya tinggal besok dan tidak tahu ap[a2 tentang ccna jadi gimana dong mas?

Anonymous said...

lho emangnya soal ccna
sama yg ada di pass4sure ato testking itu sama???

saya jg sedang mendalami ccna nih
saya baca buku todd lammle tentang
ccna study guide 6th edition exam 640-802

kira2 cukup ga ya kalo baca materi2 disitu aja???

adek2kn said...

wah bener nih postingan sesuai dengan pendapat ane,,aku baru ajah menyelesaikan modul ccna explor ver 4 dan selama mengikuti kursus sampai sudah hari ini aku merasa belum mendapatkan apa2 dalam hal skill karena memang belum ada jam terbang dengan router cisco. untuk masalah teori tuh dia yang paling berat karena selama ini saya belajar IT learning by doing saja (otodidak) tidak tergantung dengan banyak teori melainkan pemahaman ketika terjun langsung di lapangan yang menurutku lebih memaksa otak dan jauh dari rasa malas,yang terpikir dalam benak hanyalah mendaptakan CCNA dan sudah tentunya pass4sure sebagai cara instant.hari ini aku baru saja menyelesaikan ujian sertifikasi lokal kampus dan hasilnya gagal.hanya dapat 52% dari 80% sebagai bobot minimal dan ini setidaknya menjadi gambaran saya apabila terlalu tergesa-gesa untuk mengambil ujian tanpa memahami konsep alias menghafal.guru yang paling baik adalah pengalaman (pengalaman dilapangan dan jam terbang)

Anonymous said...

makasih masukanya mas.kus sedang mengikuti trainig cisco selama 3,5 bulan...yg ku perlu sih sebenrya skillnya ya bukan setifikatya tapi ku juga pengen membuktikan bahwa ku It sejati............itu gimana mas...apakh ku harus ambil setifikatya atau tidak....