Friday, October 27, 2006

Lebaran di Jogja

lebaran aku ke tempat mbah di jogja
kita sekeluarga berangkat minggu jam 4 sore
di tengah perjalanan banyak orang sudah takbiran dan ada juga yang masih tarawih
seperti diketahui bersama ada perbedaan dalam menetapkan 1 syawal antara muhammadiyah dan NU/Pemerintah.
Namun demikian kalo menurutku sih jangan mendasarkan karena ikut pemerintah, ikut NU, ikut Muhammadiyah ataupun lainnya, namun sebaiknya mendasarkan sesuatu itu pada ilmunya.
kbetulan aku lebih mengacu ke rukyat daripada hisab, sehingga menunggu hasil rukyat terlebih dahulu di malam harinya.
di tengah jalan aku sms temen nanyain hasil rukyat nya gimana, ternyata hasilnya 1 syawal jatuh pada hari selasa.
hmm....
trus pas makan sahur ada sms dari temen yg mengatakan hasil rukyatnya jatuh pada hari senen karena bulan nya sudah terlihat.
wew sama2 hasil rukyat pun berbeda, ya mungkin karena rukyatnya pemerintah/NU cuman sampe skitar jam 7-8 an malem, smentara tim rukyat nya temen-temen sampe malem hari.
btw sama-sama hasil hisab/perhitungan pun beda lo, hasil hisabnya pemerintah jatuh hari selasa, hasil hisabnya Muhammadiyah jatuh hari senen.
hasil akhirnya akupun lebaran di hari senen berdasarkan hasil rukyat

paginya aku solat ied nyari2 lapangan yang ngadain hari itu. cukup jauh nyarinya dari desa mbah di bantul. aku dianterin sm bapak. Oya sekeluarga yang berlebaran hari itu cuman aku. lainya besok hari slasa.
yang menarik di solat ied adalah imam dan khatibnya ternyata Amien Rais wah terancam banyak kamera dan wartawan nih soale aku duduk di shaft paling depan hahahaha dan ternyata emang bener ketika orang-orang lagi sholat banyak kameraman yang riwa-riwi ksana kemari. sampe slesai sholat ied langsung deh pada ngrubungi Pak Amien baik mo wawancara, salaman maupun minta tanda tangan buku ramadhan anak2 sekolah.

tradisi muter2 ke tempat saudara jadinya hari slasa karena cuman aku tok yang lebaranya hari senen
yg menarik adalah rumah-rumah saudaraku sekarang kbanyakan baru-baru, yakni integrasi antara gedek dan terpal
la wong nyari tempat tinggalnya skarang aja dmana jg susah

kalo lg kumpul-kumpul di tempat mbah yang ada hanya anak2 kecil, temen2 sebayaku dah pada ngilang smua karena dah pada kerja smua. jadi ya isinya cuman bengong. untung lebaran taun ini aku ditemani iBook G4 tercinta, jadinya ya gak pernah bosen. tinggal ngegame slese, trus cucu2 pada ngrubung smua ngliat aku sama adikku main game.

No comments: