Monday, October 05, 2015

field trip mcd bandung

ini juni 2013 ya.. baru saya pindahin ke blog skarang hehehe

=======

kemarin habis field trip sm temen2 tda kota lain ke gerai mcd yang ada di kota tsb
ga tau knapa, psertanya cuman dikit, 4 orang itupun yang 2 dari luar kota.
ga boleh ambil foto2, dan saya jg ga tau apakah kl dituliskan gini boleh atau tidak, jadi tidak saya tuliskan dimananya
kalau biasanya ke mcd cuman makan doang, sekarang bisa dapet ilmu juga, masuk2 ke belakang ke semua ruangan yang ada tanpa terkecuali.

berikut yang bisa saya tangkap informasinya, mungkin kurang sesuai, soalnya saya kurang paham mengenai bisnis makanan.

1. omset
- setiap harinya omzetnya berkisar antara 45-50 jt-an
- setiap bulannya omzetnya sekitar 1,6M (kalau sepi 1,5M kalau rame 2M)
- setiap tahunnya omzetnya sekitar 20M sekian
- dari 20M skian tersebut profitnya adalah 6M/tahun, skitar 30%-nan dari total omsetnya
- transaksi padatnya adalah antara jam 11 - 2 siang, sekitar 120-an transaksi pada 4 jam tersebut.

2. sewa tempat
- sewa tempat adalah 250juta per BULAN
(paling enak nih yg punya tanah, gak perlu kerja 250jt dateng sndiri tiap bulan, gak perlu maintenan sgala macem)

3. ruangan
ada beberapa ruangan di dalam gerai nya
- ruangan store manager, di semua mcd, ruangan manajer pasti berukuran sempit, agar manajer selalu diluar ruangan mengawasi para crew mcd, pada ruangan ini terdapat video tampilan cctv semua ruangan. daftar target2 penjualan, sebuah komputer desktop, magnetic board kayak papan pelatih, isinya dimana para crew ditempatkan setiap harinya, karena para crew umumnya akan di rolling dari posisinya setiap 7 bulan, ruangan ini terbuka tanpa pintu
- ruangan gudang, berisikan sedotan, kertas pembungkus dll ruangan ini harus selalu tertutup
- ruangan pendingin, berisikan telur, ayam packing per 3kg-an, susu
- ruangan freezer, berisikan daging, roti dll sangat dingin penuh asap es..
- ruangan filtering air, air yang dari gedung tidak langsung digunakan, namun di filter dulu dengan satu set alat filtering besar, umumnya tiap 3 bulan diganti filternya, trkadang bisa kurang dari 3 bulan. selain urusan air, dsini juga ada kran2 lagi untuk mengalirkan lagi coca cola, fanta dll ke depan
- ruangan crew, dsini ruangan terbuka, musti ada tv nya sbg hiburan utk para krew melepas lelah
- ruangan drive-thru
- dll

4. pencatatan administrasi
pada awal mcd masuk ke indonesia, ketika orang belum mengenal logo m, ketika orang mengira mcdonald tu jualan bebek karena orang taunya donal bebek, maka pencatatannya ditulis tangan
selanjutnya yang tahap kedua adalah dengan excel
dan yang ketiga ini sudah dengan POS software, terintegrasi, tidak manual lagi.

5. kebersihan
tiap satu jam semua pegawai mcd harus cuci tangan ditmpat yg sudah disediakan, kmudian tanda tangan di kertas diatasnya sesuai jamnya
ada 3 jenis sarung tangan, pertama sarung tangan karet warna kuning digunakan misalnya untuk memasukkan ayam ke bumbu adonan tepung, kedua sarung tangan plastik warna biru digunakan untuk mengambil yang belum jadi, misalnya utk dimasukkan ke oven pemanggang, ini sekali pakai langsung buang, nanti kalau sudah jadi ngambilnya menggunakan sarung tangan plastik warna putih transparant.
air yang digunakan dilakukan filtering terlebih dahulu.

6. quality control
setiap makanan jadi ada waktu kadaluarsanya yang berbeda-beda tiap itemnya, variatif antara 10 menit - 90 menit. masing-masing sudah ada timer countdownya, nanti kalau timernya habis dan dsitu masih ada, maka harus dibuang, sudah disediakan tempat sampah disebelahnya. makanan itu dibuang, bukan utk diambil pegawai.
setiap krew misalnya saat mengurusi kentang, maka dia akan tau minyak nya sudah harus diganti, seberapa kematangan kentangnya, musti goreng berapa keranjang
dalam setahun akan ada 24 laporan mengenai gerai tsb yang dibuat oleh orang yang dibayar utk menilai. orangnya siapa, kapan makannya tidak tau. orang ini dibayar 1,5-2jt utk sekali makan di mcd sekaligus melakukan penilaian. dalam setahun ada 24x kunjungan

7. pegawai
total ada 50-an pegawai, 2 security, 20 delivery order (pegawai ini outsource)
setiap orang dalam setiap harinya mampu melakukan 5 task berbeda
setiap pegawai dapat jatah makan sekali, tidak boleh mengambil sendiri, melainkan harus dilayani seperti halnya pelanggan

8. SOP/hands out
semua dituliskan sangat detail dalam bahasa indonesia, misalnya kopi, maka mulai dari menyiapkan peralatan, bahan, kebersihan. selanjutnya membuat kopinya sampai kemudian cara menyajikannya, cara memegang gelas, menaruh gelas dll ada. sangat detail. sehingga kalau ada orang/pegawai baru asal bisa mbaca aja, dia akan mengerti. selain dibuat SOP nya juga dibuat semacam quiz untuk para pegawainya, kbayang musti ngapalain satuan dalam derajat, ukuran skian mili, dalam waktu skian menit dll

9. service time
standarnya adalah dari pengunjung mulai memesan sampai makanan yang dipesan diserahkan totalnya maksimalnya harus kurang dari 90 detik, sebenarnya standar awalnya 60 detik, namun yang bikin lama kadang yang mau beli, milih2 nya yang lama, ditambah nanya dulu ke temen/keluarga yang lain, yang lain jg bingung liat2 dulu dst nya sehingga cukup memakan waktu.
sedangkan misalnya ramai dan harus antri, maka mulai dari pertama antri hingga dilayani tidak boleh lebih dari 3 menit.

10. stok bahan2
semua bahan2 apapun termasuk bumbu di stok dari jakarta, sudah ada suppliernya.

11. peralatan
semua peralatan yang digunakan adalah standar yang digunakan di indonesia saja. bisa jadi berbeda di negara lain
software POS  yg saat ini juga dikatakan sbenernya yg belasan tahun lalu digunakan internasional, kalau ngikuti teknologi terupdate yg digunakan internasional terlalu mahal.


yang terakhir ini yang kalau bagi saya kok kurang sesuai
1. ketika target jumlah transaksi harian yang diinginkan terpenuhi, maka pegawai dapat es krim
2. tiap bulannya akan ada crew of the month yang fotonya dipasang didepan sebagai pegawai terbaik, pegawai ini akan dapat bonus 75rb
3. ketika salah satu produknya mencapai penjualan tertinggi se-indonesia, dapet bonus 300rb

saya gak habis fikir, utk yg omset perbulannya eM eM an, masak bonus nya cuman sgitu ke karyawannya sendiri hehehe......
tapi ya gak tau juga, mreka pemain besar, sudah lebih pengalaman, bisa jadi lebih ketat masalah keuangan...

lainnya masih bnyak sbenernya, cuman salah strategi, gak persiapan, cuman modal kuping doang kagak nyatet jadi banyak yang kececer....
demikian, semoga bermanfaat bagi temen2 yg bisnis makanan....

No comments: