Monday, May 07, 2007

Liputan FRP Semarang

Foto2 selengkapnya liat disini
http://www.flickr.com/photos/8158411@N03/sets/72157600194587868/

Kami menyebutnya sebagai project roro jongrang, karena acara ini smua disiapkan hanya semalaman sebelum hari H pelaksanaanya, yakni dimulai skitar jam 4-an sore. secara maya memang acara ini terdengar gaungnya sampe kemana-mana, akan tetapi secara nyata acara ini tidak banyak yang tahu, bahkan temen2 PCC politeknik negeri semarang yang ketempatan acaranya juga tidak mengetahuinya, ketika kita memberitau ke mreka spontan yang munculpun hanyalah rasa kaget dan heran karena memang publikasi hanya berupa di web dan milis tanpa ada spanduk, pamflet dan sjenisnya.

maklumlah yg punya ide utk ngadain FRP lokasinya tersebar tidak hanya di semarang, cuman umumnya memiliki ikatan emosional di semarang baik karena aslinya semarang ataupun pernah kuliah di semarang dll. intinya waktu itu kita nekat aja ngadain acaranya, kita juga ingin membuktikan bahwa kita bisa ngadain sbuah event dengan biaya Rp 0,- sekalipun kalo memang kita mau.

kita juga gak tau ntar mo dapet darimana pc nya, cd/dvd nya, tempat acaranya, lcd nya dan sgala macam tetek bengeknya, bahkan beberapa dari kita juga gak tau siapa saja yg di confrence mbahas pemunculan ide acara ini. pokoknya semata-mata karena rasa yg begitu besar utk menggairahkan linux semarang dan berharap semarang bisa juga berperan pada FRP seperti kota lain, maka kita sepakat utk NEKAT ngadain acara ini.




persiapannya baru bisa kita mulai sore hari kira2 jam 4-an, karna ruangnya masih terpakai, ya satu2nya yang jelas dan pasti di benak kita adalah masalah tempat, selebihnya masih ngambang semua. tapi untunglah entah datangnya dari mana, banyak pihak yang kmudian membantu dan berperan, satu per satu sumbangan dan urunan pun datang, baik berupa tenaga maupun materi, mulai laptop, pc, dvd blank, iso ubuntu, cd blank, duit buat beli kertas krep sama balon, beli cover cd, Access Point, internet access cdma yang disharing bareng2, gorengan, agua, stiker, sumbangan kaos utk doorprize, hardisk utk repository yang tiba2 aja ada temen nelpon yg nawarin hardisknya utk dpake, pinjeman LCD pokoknya smuanya modal urunan bareng2, tau2 ada aja yg nawarin.

Akan tetapi, artinya ada masalah besar, yakni task list to do utk malem ini begitu mengerikan, yakni harus mengerjakan semua-muanya

bisa jadi hal tersebut adalah hal biasa bagi temen2 yg sering berorganisasi, dengan catatan smua yang dibutuhkan telah tersedia, tinggal dipasang, tinggal diset dan sebagainya. nah disini smua masih skedar mereka-reka, mau dimulai dari mana, dll mengingat memang semua serba dadakan, kbutuhan utama acara belum lengkap, semua dikerjakan secara paralel kesana kemari, tidak bisa berurutan dan kondisional, misalnya ketika ada yg kmudian memberi pinjaman hardisk yg space nya cukup utk lokal repository ya kmudian baru bisa kita bikin dan seterusnya.

terlebih aktivitas burning buanyak CD dan DVD serta membuat repository lokal adalah 2 hal yang cukup merepotkan. beberapa temen bahkan sempat menyangsikan ttg acara ini bakal terselenggara atau tidak, cuman bisa kita tegaskan pada mreka bahwa entah apa yang akan terjadi esok hari, yang jelas malam ini kita berusaha semampu kita, sebisa mungkin apa yang memang kita bisa lakukan dan kerjakan.



sampe akhirnya menjelang subuh kita semua ketiduran dengan sendirinya karna tidak mampu lagi menahan rasa kantuk dan capek. setelah tidur sebentar
dan waktu subuh tiba, kita mulai bergerak lagi, pinjaman2 mulai diambil untuk disiapkan, sbagian masang kertas tanda petunjuk, sbagian dsuruh pulang mandi dulu dll, bahkan pukul 06.30 sudah ada peserta yang datang langsung dari kudus, waks.... padahal persiapan kita utk tempat masih berserakan.

dan masalah muncul ketika jumlah karpet terbatas, gak cukup memenuhi ruangan bahkan utk 20% nya, maka karna adanya cuman kursi, ya apa boleh buat, kursi pun mulai ditata, walau konsekwensinya acara bakal berlangsung dengan kesan agak formal gak bisa sesantai kalo kita duduk lesehan seperti halnya di kota lainya.

dan acara pun dimulai skitar jam 9 pagi, dbuka oleh ketua polytechnic computer club yang punya rumah. slanjutnya acara diskusi seputar linux semarang. tujuan utamanya sebenarnya adalah selain acara ubuntu ini, kita juga pengin membahas tentang aktifitas linux semarang yang bisa dikatakan mati suri. sederhananya sih kita gak pengin cuman hangat2 tahi ayam aja, kita bikin acara trus kmudian sudah, gak ada kelanjutanya lagi.

jadi kita berfikir juga utk jangka panjang supaya acara2 linux di semarang bisa setidaknya teragendakan agar aktifitas linux kdepan tidak lagi sepi. dan saya sebagai yg dikorbankan utk mengisi acara diskusi ini juga sudah menawarkan terlebih dahulu ke temen2 untuk silahkan mengajukan sesuatu kalau memang ada yg ingin diajukan, karna dalam benak saya ini adalah acara bersama jadi akan lebih baik kalau dikonsep bersama, bahkan secara demokratis saya juga menawarkan apakah kita ingin berdiskusi atau di skip aja langsung ke ubuntu. pada bagian ini tidak ada satupun yg mengungkapkan utk tidak berdiskusi, stidaknya itu yang saya lihat, dengar dan rasakan kemarin, sehingga kita lanjut utk berdiskusi terlebih dahulu. ya saya atas nama panitia FRP semarang mohon maaf apabila ternyata di kemudian hari ada yg kurang sreg untuk berdiskusi


saat acara diskusinya cukup banyak jg peserta yg antusias utk membahas seputar linux semarang baik berupa cerita2 pengalaman, usulan, komentar, pernyataan dll seputar komunitas linux semarang. hal tersebut berjalan kurang lebih satu jam yang kemudian hasil akhirnya sesuatu hal yang cukup positif, setidaknya akhirnya kita bisa membentuk silaturahmi antar komunitas dengan model smacam arisan dan kgiatan kedepan maksimal 2 bulan, acara berikutnya akan bergulir di kampus UNISBANK atas pernyataan yg disampaikan sendiri kerelaanya oleh temen2 Internet Club Unisbank yang akan memegang bendera estafet untuk mengeliatkan linux semarang. hal tersebut nantinya akan bergulir terus ke kampus2 lain ataupun ke komunitas2 lainya

Fiuhh...... setidaknya kita sudah bisa bernafas lega, paling tidak maksimal 2 bulan lagi akan ada kegiatan lagi seputar linux di semarang. hasil inilah yang sebenarnya diharapkan, karna kita tidak ingin setelah kita bisa menyelenggarakan even release party ini kmudian sudah, dan semarang pun kembali sepi adem ayem, tidak, kami tidak menginginkan itu, dan itulah satu-satunya alasan kenapa kita memulai kegiatan ini dengan berdiskusi. ya kita sadar kita tidak bisa berjalan sendiri-sendiri dan mau tidak mau harus bersinergi bergandengan tangan antar komunitas semarang satu dengan lainya agar aktifitas linux semarang bisa tetep berjalan aktif dan bisa disejajarkan dengan aktifitas2 linux di kota lainya.


setelah diskusi, acara ubuntu pun dimulai, dan perlu saya terangkan pula disini bahwa konsep one hour competition alias ngoprek kurang berjalan sesuai apa yang telah kita konsepkan semula, kendalanya yang jelas masalah teknis atau gampangnya karena kita kurang persiapan, ya kita akui itu. dan seperti apa yang telah dijelaskan di awal bahwa ini adalah project roro jongrang yang semuanya harus bisa diselesaikan dalam semalam.

Nah permasalahanya adalah bahwa kita itu "semarang bondowoso" yang tidak memiliki kesaktian seperti kakaknya yang mampu membangun seribu candi dalam semalam. kalaupun kemudian muncul pendapat bahwa kita kurang persiapan, maka akan saya jawab dengan tegas ya memang kami kurang persiapan. akan tetapi perlu saya jelaskan juga disini bahwa kita cukup bangga dengan persiapan yang kurang tersebut kami sudah mampu melakukan dan memulai banyak hal.

materi2 yg disampaikan pada session tsb adalah menjelaskan tentang linux dan ubuntu, kemudahan2 dalam ubuntu, knapa musti make ubuntu kok tidak linux lainya, dan dimanakah kita mencari panduan tentang ubuntu, dan itu semuanya bisa kita demokan secara live baik pada ubuntu desktop lengkap dengan desktop efek yang beragam maupun kemudahan setup server pada ubuntu. dan kita juga yakin telah cukup berhasil memberikan sedikit gambaran kepada temen2 smua tentang bagaimana mudahnya menggunakan ubuntu, baik pada penggunaan command prompt maupun dekstop.

yang jelas virus ubuntu pun telah mulai tersebar, semua materi2 tersebut dibagi2 disampaikan oleh saya Dedi Gunawan(server), Ahmad Rifai(Beryl-desktop) dan Rofiq Fauzi(Network Management). serta tak ketinggalan pula demo ubuntu yg dpake di warnet eksa banyumanik oleh mas Hasan dan juga sharing2 seputar warnet linux oleh mas Ainul. Dan diselingi juga didalamnya pembagian doorprize berupa kaos linux sumbangan dari Rofiq Fauzi.

Dan kemudian acaranya adalah break utk sholat dan makan siang sampe jam 1 siang. kmudian acara dilanjutkan kembali yakni acara bebas, peserta pun dipersilahkan untuk maju dan mulai mencoba2 ubuntu yang disediakan baik berupa ubuntu desktop, ubuntu server, xubuntu, edubuntu dll. sebagian peserta terlihat mencoba utk melakukan instalasi, ada juga yg skdar klak klik, sebagian ada yg bertanya ttg hal teknis ataupun bercerita sharing dgn pengalamanya dll. acara bagi-bagi dvd dan cd pun diberikan, serta dilanjutkan pembagian kaos linux doorprize yang masih sisa 2 kaos, serta beberapa voucher ngenet gratis di warnet grand net. slain itu kita juga bagi2 file2 artikel/tutorial, beberapa peserta minta dicopiin ke flashdisknya, ada juga peserta yang membawa cd sendiri utk di burning.

ya karena memang walaupun kita sudah antisipasi siapkan banyak dvd dan cd akan tetapi kita tidak mengira jumlah pesertanya yang datang akan sedemikian banyak, total mungkin sampe 100-an kalau ditambah dengan jumlah panitia. jadi kalau kmarin yang gak kebagian terutama DVD repositorinya bisa main ke posko PCC untuk burning sendiri aja.



terima kasih atas semua temen2 yang telah menyempatkan waktunya untuk dateng, terlebih yang jauh2 datang dari jakarta, surabaya, cirebon, kendal, kudus, jogja dll. cukup unik juga pesertanya mulai dari yang SMA sampe Pemkot semarang, mulai kampus udinus, unisbank, unes, undip, polines, dan kampus2 lainya. mulai ibu2, bapak2 dan juga yang membawa keluarganya. sekali lagi kami memohon maaf apabila mungkin ada yang kurang berkenan, bukanlah kami bermaksud untuk demikian, kami tentunya juga mengharapkan yang terbaik dan sudah berusaha semampu apa yang kita bisa lakukan. mungkin kami memang kurang persiapan, akan tetapi hal ini justru menjadi hal yang luar biasa bagi kita, dengan persiapan yang sangat2 kurang dari segi waktu yang hanya semalam dan hanya bermodalkan Rp 0,- alias nekat saja, kita sudah bisa melakukan berbagai macam hal diatas pada acara tersebut.

Yang terakhir ucapan terima kasih kepada smuanya yang telah ikut membantu acara ini baik sebagai panita, donatur maupun peserta
- Terima kasih utk Allah swt yang telah memudahkan terselenggaranya acara ini
- Terima kasih utk temen2 ukmpcc yg gak bisa dsebutkan satu persatu yang telah membantu sepenuhnya untuk menyiapkan acaranya
- Terima kasih utk Rofiq yang telah menyumbangkan kaos linuxnya sbg doorprize, mau ngisi acara, minjemin laptop, mbantuin sampe ampir subuh gak tidur.
- Terima kasih utk Rifai yang telah mau ngisi acara, mbantuin segala macemnya
- Terima kasih utk Aziz atas pinjeman mobil, leptopnya dll
- Terima kasih utk Pak Agus atas LCD nya
- Terima kasih utk Antony atas laptopnya dan koneksi internetnya
- Terima kasih utk temen2 starone semarang yg mau bantuin burning dkala kita2 dah ksulitan utk melek.
- Terima kasih utk ahmad lowo yg single fighter mau nemenin nyiapin acaranya
- Terima kasih utk temen2 DNCC Udinus beserta segenap pasukanya
- Terima kasih utk temen2 Internet Club Unisbank yang dah mau ketempatan ngadain acara berikutnya
- Terima kasih utk yang beliin konsumsi, gorengan, air mineral dll
- Terima kasih utk mas Bagus atas CD blank dan PC nya
- Terima kasih utk Chafidizin atas DVD blanknya
- Terima kasih utk Amin yg udah downloadkan iso repositorynya
- Terima kasih utk temen2 SMA, mahasiswa, dosen, pemkot dll
- Terima kasih utk mbahe leander dan kroni2nya yg mau nungguin sync dvd utk bikin lokal repositorynya, lama bener yach
- Terima kasih utk mas ainul dan mas hasan dah sharing2 ttg warnet linuxnya
- Terima kasih utk Akbar yg dah bantuin burning
- Terima kasih utk momon atas laptop dan sgala macamnya
- Terima kasih utk smuanya yang mungkin kelupaan
- Terima kasih utk Roro Jongrang dan Bandung Bondowoso atas inspirasinya

So..... buat temen2 lain kalo ngrasa punya ide cantik untuk membikin sbuah kegiatan, tapi kurang dananya, gak punya perlengkapan, gak punya wadah, terpisah jarak dan waktu, gak ada sponsor dan sgala apapun hal rintangan dan hambatan yang senantiasa menghadangnya, kita yang di semarang sudah bisa membuktikan, bahwa kalau kita mau, kita pasti bisa. yang penting modal nekat dulu aja, bahkan kita hanya perlu semalam untuk menyiapkan semuanya lengkap dengan segala kelebihan dan kekuranganya.


apabila di kemudian hari ada pertanyaan, komplain, masukan ataupun saran silahkan ajukan kesini
1. Dedi Gunawan - (saya@aldedi.or.id) - YM : aldedi
2. Rofiq Fauzi - (newbie@indonesiacyber.net) - YM : bl4ck_4n6el
3. Ahmad Rifai - (ripai.ahmad@gmail.com) - YM : ripaiahmad

13 comments:

andika said...

Hebat! Lebih ramai daripada Bandung! :D
Semoga komunitas Ubuntu di Semarang berkembang pesat.

buitenzorg812 said...

selamat om!!! serunya frp di semarang, biar persiapan cuman semalem, yang dateng melebihi 3 frp sebelumnya. again...selamat, maju terus pantang mundur sub-loco semarang!!! :D.

ripai said...

hehehe.. ini aja rakwis pak bos yang jadi report resminya..

teriring maap krn lelet :P

Belutz said...

salut buat semarang!
semoga untuk kedepannya pergerakan open source di semarang bisa lebih hebat lagi

::: Achmad ::: said...

mmm.. joss tenan liputane
ayoo, kita "racuni" semarang dengan semangat opensource..... :D

eh Ded,, jebul ning tembalang yen bengi kui atis yoo !! kekekek

*daku merana ga dapet dvd repo, ihiks*

imtheface said...

The best bangat om acaranya, selamat dan salut tuk komunitas Ubuntu Semarang.

Milisdad said...

sesuk2 gawe meneh yooo
sing luweh rame neh :)
Oya jo lali blog mu daftar ke ning http://planet.ubuntu-id.org

Nikolas Febrianto said...

Wah acarane FRP ning Semarang rame tur apik kapan-kapan diadake meneh ya

tonton said...

Mas2 dan Mbak2...
Kalo ada acara2 yang beginian mbok aku dikabari.. Atau aku yang kuper ya? Komunitas linux di semarang di mana sih? Aku cah njatingaleh, feeling lonely pake OpenSuse 10.2 & ZenWalk 4.4 ...

mardi said...

Habis gathering... kembali ke windows...
warnet2 saya sudh direwangi pake ubuntu sudah hampir 2 tahun malah mungkin yang pertama di indonesia pake ubuntu, tetep wae susah kalo saingan sama windows (bajakan).. yo rontok 1 per 1. order cd ubuntu yo ditahan bea cukai.. dikiro cardingan paling.. paling suruh nebus.. pie le meh igos???

asas said...

dadda

ssssss said...

ya betul

Anonymous said...

Oh ini acara selamatan Install Linux ya ? . gw baca artikel nya acara FRP ? apaan.. gw baca trus... ternyata acara instalasi. bener gak mas ? bingung aku...